Minggu, 15 Mei 2011

7 Titik penting dalam posisi berkendara Motor



Saat kita mengendarai sepeda motor kadang kita mengendarai sepeda motor sesuai dengan keinginan kita, tahu tidak? sebenarnya terdapat tujuh postur yang harus diperhatikan agar saat kita mengendarai sepeda motor kita tidak cepat lelah dan nyaman serta kita mudah mengendalikan sepeda motor kita ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketujuh postur berkendara yang MJ.com dapat ketika Safety Riding Course yang dilakukan PT Daya Adira Mustika di Lapangan Brigif Cimahi ini adalah:

1. Mata

Melihat jauh kedepan (kearah yang hendak di tuju) agar jarak pandang menjadi lebih luas serta kita dapat mengantisipasi dan memprediksi apa-apa saja yang akan dilakukan, misalnya berhati-hati atau memperlambat laju sepeda motor ketika ada angkot yang sedang berhenti.

2. Pundak
Santai atau rileks. Hal ini dilakukan agar saat berkendara kita tidak mudah lelah sehingga dapat mengurangi tingkat kenyamanan saat berkendara yang akhirnya akan mengurangi tingkat reflek kita ketika berkendara.

3. Siku
Tangan sedikit menekuk dengan santai (tidak lurus kaku). Posisi siku yang kaku akan membuat kita sulit untuk melakukan manouver sehingga gerak pengendalian setang akan terlihat kaku. Sudut siku idealnya juga 120 derajat, sehingga pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal tambah Pak AW saat menjelaskan postur berkendara ini

4. Tangan
Memegang bagian tengah dari hand grip sehingga kita dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem, kopling dan switch yang lainnya.

5. Pinggul
Duduk pada posisi dimana anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem, terlalu jauh dengan stang kemudi atau terlalu dekat sangat tidak direkomendasikan karena akan mempercepat tingkat kelelahan saat berkendara.

6. Lutut
Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport) untuk tipe bebek atau matik posisi lutut jangan sampai keluar melebihi bodi sepeda motor hal ini terutama digunbakan saat berbelok, maka kita akan lebih mudah mengendalikan sepeda motor

7. Kaki
Letakkan bagian tengah telapak kaki anda pada sandaran kaki (foot step), jari kaki menghadap kedepan, ibu jari kaki secara ringan berada diatas pedal rem dan pedal gigi, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila kita akan melakukan pengereman secara mendadak maka kita akan mudah mengoperasikan pedal rem tanpa harus mencari posisi pedal rem. Untuk tipe matik posisi kaki secara ringan ditempatkan di daerah foot step dan jangan sampai keluar dari bodi sepeda motor.

Keep Safety Riding Bro......

1 komentar: